Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete | Ragam Budidaya -Tanaman jambu mete (Anacardium accidentaleL) yaitu tanaman serbaguna, lantaran disamping akhirnya yang mempunyai nilai ekonomi juga berperan juga sebagai tanaman penghijauan di tempat kering. Faedah jambu mete cukup banyak diantaranya : kulit batang untuk obat sariawan, pucuk daun muda enak dilalap juga sebagai sayuran, air buah serta dagingnya bisa di buat anggur serta selei, kulit bijinya memiliki kandungan minyak CNLS juga sebagai bahan baku untuk industri cat, plastik serta isolasi listrik.

Prasyarat Tumbuh Jambu Mete


Tanaman jambu mete bisa tumbuh baik pada ketinggian 0-700 mtr. dari permukaan laut, dengan suhu udara 17-33° C serta kelembapan nisbi 60-80%. Curah hujan yang maksimal sekitar pada 1000-2000 mm per th., sedang musim kemarau yang tegas dengan jumlah bln. kering pada 4-6 bln. sangat cocok terlebih untuk saat berbunga serta pembentukan buah.

Jambu mete bisa tumbuh baik pada seluruhnya type tanah yang memiliki karakter fisik yang baik serta tanpa ada susunan cadas umpamanya tanah lempung berpasir, tanah alluvial, tanah lateril dsb.

Jambu mete bisa hidup hampir pada seluruhnya type tanah, termasuk juga podzolik merah kuning. Walau sekian pertumbuhannya bakal subur bila keadaan tanah tempat tumbuhnya subur, tak memiliki kandungan susunan garam serta tak tergenang air atau memiliki drainase yang baik.

Pembibitan Jambu Mete.


1. Persemaian jambu mete dengan polybag (kantong plastik), ditujukan supaya bibit segera dikritikbahkan serta di besarkan jadi bibit siap tanam.

2. Pembibitan dikerjakan 4-6 bln. saat sebelum tanam.

3. Sumber benih mesti datang dari benih yang baik serta tempat pembibitan di buat dekat dengan sumber air serta tempat penanaman.

4. Kantong plastik yang dipakai ukuran tinggi 25-40 cm serta lebar 17-25 cm.

5. Polybag di isi kombinasi tanah serta pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1. setelah itu benih dibenamkan kedalam tanah dalam polybag hingga rata dengan tanah, posisi penempatan benih sisi lekukan menghadap kebawah, sedang sisi punggung menghadap keatas.

6. Bibit yang sudah ditanam diletakkan di bawah pelindung/naungan, hingga sinar yang tentang bibit ± 50%.

7. Dikerjakan penyiraman, penyiangan serta ingindalian hama serta penyakit dikerjakan sesuai sama keperluan.
Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Pengelolaan Tanah Serta Penanaman


Pengelolaan tanah diawali dengan pengajiran, diikuti pembuatan lubang tanam. Pengajiran dikerjakan sesuai sama jarak tanam, yakni minimum 10 x 10 mtr. atau 12 x 8 mtr.. Ukuran lubang tanam yaitu 50 x 50 x 50 cm. Pembuatan lubang tanam dikerjakan dengan menggali serta memisahkan galian pada susunan tanah atas serta bawah.

Pembuatan lubang tanam baiknya dikerjakan ± 2 minggu saat sebelum tanam, lubang tanam ditutup kembali dengan tanah galian sesuai sama posisi semasing susunan bawah di kembalikan ke bawah dan sebagainya.

Saat sebelum dikembalikan kedalam lubang tanah atas digabung dengan pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1. Dua minggu lalu kemudian lubang tanam siap untuk ditanami bibit jambu mete.

Cara Memelihara Tanaman Jambu Mete

Penanaman

Penanaman jambu mete dikerjakan pada awal musim hujan, lewat cara memasukkan bibit tanaman jambu mete yang baik kedalam lubang tanam supaya perakaran bibit tak alami rusaknya, jadi diusahakan agar tanah dalam kantong plastik pembibitan tak pecah sepanjang perjalanan dari tempat hingga kekebun.

Pembukaan kantong plastik dikerjakan dilubang tanaman. Sesudah bibit ditanam, tanah disekililing tanaman dipadatkan, hingga bibit tak goyang bila tertiup angin kencang. Apabila sangat mungkin dikerjakan penutupan tanah di sekitar tanaman dengan memakai mulsa dari daun atau rerumputan kering setebal ± 5 cm. Pemberian mulsa itu bisa melindungi kelembapan, kurangi penguapan, menghindar terpaan air hujan.

Pemeliharaan

1. Penyulaman

Sesudah dikerjakan penanaman dikebun, sebagian pohon di antara pertanaman jambu mete ada yang mati atau terlambat pertembuhannya (kerdil). Supaya pertanaman terus seragam serta rata, jadi enakat mungkin saja tanaman selekasnya disulam memakai bibit yang seumur, penyulaman baiknya dikerjakan sepanjang musim hujan, hingga tanaman sulaman tak alami keterlambatan pertumbuhannya.

2. Penyiangan

Penyiangan dikerjakan dengan buang seluruhnya gulma pada piringan tanaman ataupun di luar piringan tanaman. Pada piringan tanaman 1-2 bln. sekali, sedang di luar piringan tanaman dikerjakan 2-3 bln. sekali.

3. Pemupukan

Pupuk diberikan 2 kali satu tahun yakni pada awal serta akhir musim hujan. Type serta dosis pupuk yang dipakai seperti urea, TSP serta KCL.Pupuk diberikan pada garitan/parit dangkal melingkar tanaman pada batas judul lurus judul tanaman.

4. Pembuatan drainase

Bikin saluran drainase yang bermanfaat untuk buang genangan air yang berlangsung di sekitar tanaman, lantaran Jambu mete termasuk tanaman yg tidak tahan pada genangan air.



Powered by Blogger.