Jenis Akar Pada Tanaman - BUDIDAYAKU

Header Ads

Jenis Akar Pada Tanaman

Jenis Akar Pada Tanaman
Akar Gantung
Akar ini tumbuh dari sisi batang tumbuhan diatas tanah. Akartersebut menggantung di hawa, tumbuh ke arah tanah. Akar ini dimaksud juga akar udara. Akar ini berperan menghisap hawa untuk pernapasan.

Akar Napas
Misal akar napas yaitu akar pohon kayu api. Akar napas tumbuh tegak lurus ke atas. Akar ini nampak ke permukaan tanah atau air. Akar napas ada yang dipunyai oleh tumbuhan air ataupun darat. Akar napas adalah cabang-cabang akar yang mempunyai banyak celah. Celah ini untuk jalan masuk hawa untuk pernapasan.

Akar Pelekat
Misal akar pelekat yaitu akar pohon sirih. Akar pelekat tumbuh pada buku-buku batang. Akar type ini dipunyai oleh tumbuhan-tumbuhan yang merambat/memanjat.

Akar Banir

Akar ini terdapat banyak pada tumbuhan type tropik. yakni untuk pengkokoh berdirinya satu pohon, umumnya pohon yg mempunyai akar banir yaitu pohon - pohon besar.

Akar Penghisap

Akar ini ada pada tumbuhan type parasit seperti benalu. bermanfaat untuk alat penghisap dari tumbuhan seperti benalu pada inang yang ditumpanginya.

Akar Tunjang


Misal akar tunjang yaitu akar pohon pandan serta bakau. Akar ini bermanfaat untuk mendukung batang supaya tak rebah. Akar ini tumbuh dari sisi bawah akar ke semua arah.

Akar Pembelit

Akar pembelit berkembang pada tumbuhan yang memanjat seperti pada vanili (Vanilla planifolia). Serupa dengan akar pembelit yaitu akar pelekat. Akar pelekat nampak dari buku-buku batang tumbuhan memanjat. Misalnya yaitu tumbuhan sirih (Piper betle), lada (Piper nigrum) serta anggrek. Akar itu berperan menempelkan batangnya pada pohon inang. Alat pembelit tak hanya akar yaitu sulur pada tumbuhan bersulur.

Akar Lutut


yakni sisi akar yang tumbuh ke atas lalu membengkok lagi masuk kedalam tanah. Akar ini berperan seperti dengan akar nafas yang ada pada tumbuhan di pinggir pantai yang rendah berlumpur. Contoh pada pohon tanjang (Bruguiera parivolia W. Et A.).
Powered by Blogger.