Syarat Tumbuh Tanaman Semangka - BUDIDAYAKU

Header Ads

Syarat Tumbuh Tanaman Semangka

tanaman semangka

Syarat Tumbuh Tanaman Semangka | Ragam Budidaya -Semangka yaitu tanaman asal Afrika, satu daerah tropis dengan sinar matahari yang selalu bercahaya penuh serta suhu hawa tinggi dan kering. Iklim yang kering serta panas, cahaya matahari serta air yang cukup adalah keperluan tanaman yang utama. Perkecambahan biji bakal berjalan dengan baik pada suhu 25'-30' C. Biji bakal berkecambah sesudah 5/6 hari. Suhu 18'-20'C adalah suhu minimal untuk perkecambahan biji. Sebaliknya bila curah hujan terlalu berlebih bakal mengakibatkan kerusakan tanaman.

Aspek iklim ini benar-benar memastikan kesuksesan pertanaman, perkembangan, serta mutu buah. Jka kelembaban cukup tinggi tanaman gampang diserang penyakit daun, buah yang dihasilkan juga bakal berkwalitas rendah. Sekian juga suhu rendah pada pertanaman di dareah subtropik. Dengan kata lain tanaman semangka bisa digolongkan untuk tanaman musim kering. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik hingga ketinggian 300 m diatas permukaan laut.

Tanah

Akar tanaman semangka menginginkan tanah yang sarang (porous). Pada tanah yang keras atau padat perkembangan akarnya tak lagi baik, mutu serta hasil buah bakal benar-benar rendah. Oleh karenanya tanah yang disenanginya yaitu tanah yang gembur serta subur, memiliki kandungan banyak bahan organik dan baik drainasenya, seperti tanah berpasir atau tanah lempung berpasir yang banyak memiliki kandungan nitrogen. Air hujan yang menggenang tak saja mengakibatkan kerusakan akar, namun juga seluruh tanaman. Tanaman semangka memiliki toleransi cukup besar pada keasaman tanah, bisa tumbuh dengan baik pada pH 7. Perkembangan tanaman yang baik berlangsung pada pH 6-6, 7, Pada tanah-tanah yang alkalis serangan panyakit Fusarium bisa dihindari.
Powered by Blogger.