Budidaya Buah Kelengkeng - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Buah Kelengkeng


Budidaya Buah Kelengkeng
buah lengkeng

Budidaya Buah Kelengkeng | Ragam Budidaya -Kelengkeng lebih pas ditanam di dataran rendah pada 200-600 m dpl yang bertipe iklim basah dengan musim kering tak kian lebih empat bln.. Air tanah pada 50-200 cm. Curah hujan 1. 500-3. 000 mm per th. dengan 9-12 bln. basah serta 2-4 bln. kering. Sesaat tanaman led lebih suka pada dataran tinggi pada 900-l. 000 m dpl.

Dasar Budidaya

Perbanyakan tanaman dikerjakan dengan cangkok serta okulasi. Perbanyakan dengan biji tak disarankan lantaran usia berbuahnya cukup lama (kian lebih tujuh th.). Diluar itu, bibit dari biji kerap tumbuh jadi lengkeng jantan yg tidak dapat berbuah. Bibit okulasi/cangkokan mulai berbuah pada usia empat th.. Budi daya tanaman Lengkeng ditanam pada jarak tanam 8 m x 10 m atau 10 m x 10 m dalam lubang tanam memiliki ukuran 60 cm x 60 cm x 50 cm. Tiap-tiap lubang di beri pupuk kandang yang sudah masak sejumlah 20 kg. Pupuk buatan yang didapatkan sejumlah l00-300 g urea, 300-800 g TSP (400- 1000 kg SP-36), serta l00-300 g KCl untuk tiap-tiap tanaman. Pupuk diberikan tiga kali dalam selang tiga bln.. Sesudah panen buah, pemberian pupuk cukup sekali sejumlah 300 g urea, 800 g TSP, serta 300 g KCl per pohon.


Pemeliharaan

Pemeliharaan utama yaitu pemangkasan cabang yg tidak produktif serta ranting-ranting yang tutup kanopi. Karena, cahaya matahari bisa masuk rata ke semua sisi cabang. Tumbuhan parasit (benalu) mesti cepat dibuang. Tanaman lengkeng terhitung gampang tumbuh, namun sulit berbunga. Oleh karenanya, dibutuhkan stimulasi pembungaan dengan jalan mengikat kencang batang yang ada satu mtr. diatas permukaan tanah. Batang dililit melingkar sejumlah 2-3 kali dengan kawat baja. Tanaman mulai berbunga pada usia 4-6 th.. Umumnya, tanaman ini berbunga pada bln. Juli-oktober. Buah masak lima bln. sesudah bunga mekar.

Budidaya Buah Kelengkeng
buah lengkeng
Hama serta Penyakit

Hama yang umum menyerang tanaman lengkeng yaitu serangga pengisap buah (Tessaratoma javanica). Kelelawar adalah binatang hama yang kerap mengakibatkan kerusakan buah yang masak. Penyakit yang kerap menyerang waktu musim hujan yaitu mildu seperti yang menyerang tanaman rambutan. Untuk menghindar serangan kelelawar, pentil buah dibrongsong dengan brongsong yang di buat spesial.


Panen serta Pasca Panen
Musim panen lengkeng di bln. Januari-Februari dengan produksi 300–600 kg per pohon. Lengkeng terhitung buah non-klimakterik hingga mesti dipanen masak di pohon lantaran tak bisa diperam. Pemanenan dikerjakan dengan alat yang bisa memotong tangkai rangkaian buah. Alat panen berbentuk gunting bertangkai panjang yang tangkainya bisa ditata dari bawah. Sinyal tanda buah masak yaitu warna kulit buah jadi kecokelatan gelap, licin, serta keluarkan aroma. Terasa manis harum, sedang buah yang belum masak terasa belum manis.
Powered by Blogger.