Budidaya Burung Kenari - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Burung Kenari

Budidaya Burung Kenari

Budidaya Burung Kenari | Ragam Budidaya -Untuk Anda pencinta hewan bersayap ini, pelihara burung kenari adalah hoby yang sangatlah Anda nikmati di sela-sela saat senggang Anda.

Untuk Anda yang saat ini cuma nikmati burung kenari dari dalam sangkar, kenapa tak Anda cobalah untuk membudi dayakannya? Terkecuali Anda bisa menyalurkan hoby Anda itu, Anda juga bisa beroleh keuntungan dengan jual burung kenari kecil hasil perkawinan pada si jantan serta betina burung kenari Anda. Langkah ternak burung kenari termasuk gampang. Penasaran bukan? Di bawah ini sebagian penjelasannya. 

Burung kenari adalah type burung yang mungil serta indah hingga pas untuk jadikan hewan peliharaan. Langkah budidayaburung kenari juga tidak susah. Akan tetapi, terdapat banyak hal yang butuh Anda kenali saat sebelum Anda mengawali membudidayakan. Banyak hal di bawah ini adalah keyword tehnik budidaya burung kenari untuk Anda supaya berhasil membudidayakan burung kenari : 

Keyword berhasil tehnik beternak burung kenari yaitu bahwa Anda menyimak serta mencerdasi tehnik perjodohan serta perkawinan mereka. Sudah pasti burung kenari tidak dapat asal-asalan dipaksa untuk kawin. Mereka juga mempunyai perasaan untuk mengawini lawan type yang mereka gemari, serta ini bisa Anda manipulasi melalui tehnik perjodohan. Waktu burung kenari Anda ingin kawin, jadi kesempatan Anda beroleh peranakan mereka makin besar bukan? 

Anda mesti memerhatikan nutrisi untuk burung kenari Anda. Burung kenari yang sehat tentu bakal fit serta membuahkan peranakan yang berkwalitas juga. 

Anda mesti menyimak di mana burung kenari Anda bakal ditempatkan supaya jauh dari hewan pengganggu serta sejenisnya. 

Anda mesti pandai dalam pilih burung kenari yang usianya produktif, tak terlampau muda serta tak terlampau tua. Burung kenari yang terlampau muda tentu bakal lama dalam menanti saat kawinnya. Burung yang terlampau muda serta dipaksa untuk kawin jadi ia belum siap untuk menjaga peranakannya. Alhasil, anak yang sudah ia hasilkan melalui pengeraman bakal mati percuma lantaran si induk belum dapat menjaga anaknya. 

Langkah Membudidayakan Burung Kenari 


Apakah Anda sudah betul-betul siap dalam pelihara burung kenari? Sesudah Anda mempersiapkan fisik serta mental Anda, jadi saat ini Anda siap untuk berbudidaya burung kenari. Di bawah ini sebagian bagian langkah beternak burung kenari yang perlu Anda cermati : 

Pembibitan 

Waktu Anda mau lakukan pembibitan burung kenari, jadi pastikan burung kenari yang siap ternak. Umur burung kenari siap ternak tidak sama pada si jantan serta si betina. Umur burung kenari jantan yang siap ternak yaitu minimum 8 bln., sedang umur kenari betina yang siap ternak yaitu umur minimum 6 bln.. 

Hal semacam ini tentu bisa Anda tanyakan terlebih dulu pada penjual bibit burung kenari serta yakinkan penjualnya jujur pada Anda. Untuk Anda yang berkeinginan untuk membudidayakan kenari Yorkshire, jadi yakinkan umur burung itu siap ternak yaitu minimum setahun. 

Penyiapan Kandang 

Saat ini Anda tak cuma mau pelihara burung kenari, tetapi juga membudidayakannya. Tentu waktu Anda membudidayakannya jadi Anda juga bakal menghadirkan bibit burung kenari dalam jumlah yang banyak. Penyiapan danperawatan kandang juga betul-betul mesti Anda cermati. 

Di bawah ini sebagian panduan untuk Anda dalam mempersiapkan kandang untuk si burung kenari : 

  • Kandang mesti bebas dari masalah hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dsb. 
  • Kandang mesti bersih serta upayakan terserang cahaya matahari saat pagi hari.  
  • Kandang bisa menyimpan si burung kenari beserta makannya dengan lega. 
  • Kandang terbuat berbahan yang awet, tak gampang rusak serta dikonsumsi rayap. Type kandang alumunium bisa Anda gunakan. 
  • Karenanya, tempat kandang sebaiknya ditempelkan di tembok supaya terlepas dari kemungkinan diatas. Janganlah lupa pemeliharaan kandang dengan senantiasa mengecek serangga serta hewan pengganggu yang lain yang mungkin saja mengincar makanan kenari atau burung kenari tersebut. 

Budidaya Burung Kenari

Menjodohkan Burung Kenari 

Sistem penjodohan tak dapat dihitung dengan cara pasti. Hal semacam ini bergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan pada si jantan serta si betina. Di bawah ini banyak hal yang pantas Anda cermati : 

Upayakan untuk mendekatkan kandang si jantan serta si betina waktu sistem penjodohan. Janganlah segera Anda buat jadi satu dalam satu kandang lantaran mereka mungkin sama-sama berantem keduanya. 

Upayakan selalu untuk memasangkan burung kenari itu dimanapun, umpamanya waktu dijemur, supaya mereka makin akrab. 

Acara penjodohan ini bisa Anda kerjakan pada sore hari hingga saat malam hari mereka bisa sama-sama mengakrabkan diri serta pada pagi hari mereka sudah siap kawin. 

Untuk tahu bahwa burung kenari Anda siap kawin, jadi bisa Anda cermati ciri-cirinya seperti ke-2 burung sama-sama melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dianya ke tepian kandang, si betina menempatkan ‘posisi’ siap untuk dikawini, serta si betina sudah mempersiapkan sarangnya. 

Mengkawinkan Burung Kenari 

Acara mengkawinkan burung kenari bisa Anda kerjakan dengan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa tingkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberi nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh serta taoge. Pantau peranakan yang mereka hasilkan lantaran peranakan ini umumnya jadi tujuan empuk tikus atau semut.

No comments

Powered by Blogger.