Cara Budidaya Ikan Gabus - BUDIDAYAKU

Header Ads

Cara Budidaya Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus | Ragam Budidaya -Membudidayakan ikan gabus membutuhkan usaha serta langkah yang pas supaya sistem budidaya ini dapat berhasi dengan berhasil. Salah satu tehnik yang perlu anda kerjakan yaitu lakukan perawatan induk. Lakukan perawatan induk yang benar bakal dapat bikin ikan gabus yang anda budidayakan berkembang biak dengan baik.

Tehnik Budidaya Ikan Gabus dengan Langkah Pemijahan
Langkah budidaya ikan gabus ini di kenal sebagai pemijahan. Langkah ini dapat dikerjakan di dalam bak beton atau fiberglass. Langkah lakukan budidaya dengan pemijahan yaitu seperti berikut. Siapkan bak beton dengan ukuran panjang 5m, lebar 3m serta tinggi 1m. Lalu keringkan bak ini dalam periode waktu 3 s/d 4 hari.

Sistem siap memijah juga mesti anda kerjakan lewat cara memasukan air sampai setinggi 50 cm kedalam bak serta biarlah air itu mengalir sepanjang pemijagan berjalan. Lantas masukakan enceng gondok untuk merangsang sistem pemijahan yang berjalan. Lalu masukan 30 ekor induk betina serta 30 ekor induk jantan.

Dengan memadukan pada induk jantan serta induk bertina di system memijah ini, nanti bakal berlangsung penetasan di mana anakan ikan gabus bakal nampak. Sistem perkawinan induk bakal dapat berlangsung dengan lebih gampang di sistem pemijagan ini. Oleh karena itu langkah mengembangbiakan ikan gabus lewat cara memijah ini adalah langkah yang sangatlah pas serta banyak dipakai oleh beberapa petani ikan gabus.

Pemeliharaan Ikan Gabus


Lalu sistem pemeliharaan juga mesti dikerjakan langkahnya dengan lakukan kontrol sehari-hari pada ikan ini. Nanti telur yang dihasilkan bakal mengapung di air. Butuh anda kenali juga bahwa satu ekor induk betina ini bakal dapat membuahkan telur sejumlah 10. 000 sampai 11, 000 butir dalam satu kali pemijahan saja.

Mempersiapkan kolam perawatan untuk ikan ini dapat sangatlah utama. Isilah air sampai setinggi 40 cm serta lalu gunakanlah dua buah titik aerasi yang perlu dihidupkan ketika sistem penetasan berjalan. Suhu air tak bisa lebih dari 28 derajat celcius. Bakal tambah baik lagi bila suhunya cocok.
 
Sistem Perpindahan Larva atau Telur Ikan Gabus
Sesudah anda mempersiapkan kolam pemijahan untuk ikan gabus, nanti dua induk yang berhimpun didalamnya bakal lakukan perkawinan serta mereka membuahkan telur. Biarlah sistem memijah ini sepanjang sebagian waktu serta lalu ambillah telur itu. Ambillah telur itu dengan cara hati-hati dengan memakai sekupnet halus.
 
Sistem Pemeliharaan Larva Ikan Gabus
Sistem kolam penetasan serta pemeliharaan larva atau telur ikan gabus dapat anda kerjakan saat larva sudah berusia 2 hari serta sampai berusia 15 hari. Siapkan aquarium dengan kepadatan yang sama juga dengan kepadatan 5 ekor ikan gabus per liternya. Untuk larva kelebihannya dapat anda memelihara di aquarium yang lain. Saat telah masuk usia 2 hari, larva dapat anda beri pakan memakai naupli artemia.

Sistem penyortiran serta pemberian pakan dikerjakan dengan frekwensi 3 kali dalam satu hari. Kerjakan analisa kakaban juga untuk tahu perubahan telur atau larva dari ikan gabus yang anda budidayakan. Ikan ini bakal dapat membuahkan hasil panen ikan yang memuaskan buat anda. Janganlah lupa untuk ganti air yang baru jika air jadi keruh serta kotor sesudah pemberian makanan.

Persiapan Pakan untuk Ikan Gabus
Mengingat ikan gabus yaitu ikan predator atau karnivora, anda dapat lakukan pemberian pakan dengan makanan berbentuk ikan kecil. Ikan yang satu ini dapat dapat dibudidayakan lewat cara memisahkan telur dari induknya. Hal semacam ini untuk menghindar induk ikan gabus memangsa anakannya sendiri. Sesudah sistem bertelur berlangsung, ambillah larva atau telur ikan tersebut di akuarium dengan ukuran panjang, lebar serta tinggi 60cm x 40 xm x 40 cm.

No comments

Powered by Blogger.