Budidaya Ikan Nila di Lahan Sempit - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Ikan Nila di Lahan Sempit


Budidaya Ikan Nila di Lahan Sempit | Ragam Budidaya -Memiliki halaman yang sempit memanglah sungguh mengesalkan lantaran sedikit yang dapat dikerjakan, bahkan juga untuk menanam pohon saja tak dapat lantaran dahan pasti terkena atap. Tetapi bila anda yaitu seseorang yang kreatif, anda dapat memakai tempat tanah yang sempit itu dengan mencari panduan yang berguna dari beragam sumber. Ada beberapa hal yang dapat anda kerjakan dengan tempat yang sempit itu. Dengan kreativitas yang ada serta sedikit panduan yang bernilai jadi anda dapat bikin kolam ikan dihalaman anda. Kok bisa ? Mungkin, walaupun tempat anda kecil serta sempit anda masih tetap dapat bikin kolam untuk berternak nila merah.

Budidaya Nila Merah

Ikan nila bukanlah saja bernilai tinggi di segi ekonomis tetapi juga bernilai tinggi dalam soal gizi serta faedahnya bila dikonsumsi. Nila telah dapat dibuktikan memiliki kandungan banyak protein yang baik untuk badan serta perubahan otak. Bila anda betul-betul tertarik untuk berternak nila baik nila hitam atau merah jadi yang perlu anda kerjakan yaitu mencari tehnik beternak ikan nila pada tempat sempit yang besar kemungkinan juga sedikit memiliki akses ke sumber air yang besar. 

Terdapat beberapa langkah untuk berternak pada tempat sempit ini apabila anda kreatif dan dapat memakai seluruhnya potensi yang ada termasuk juga mencari tahu tehnik budidaya ikan tawar dari beragam pihak umpamanya dinas perikanan jadi tidaklah hal yang tidak mungkin anda dapat memenuhi konsumsi protein keluarga anda dari budidaya ikan nila dihalaman anda. Karenanya terdapat banyak hal yang seumpamanya dapat anda gunakan atau mesti anda kenali untuk dapat mengoptimalkan tempat sempit anda.

Mengawali Budidaya Ikan Nila

Untuk mengawali budidaya ikan nila dihalaman anda yang sempit jadi anda mesti tahu langkah budidaya ikan nila di kolam terpal. Mengapa kolam terpal? Ya, lantaran dengan terpal anda tak perlu tempat yang terlampau luas serta anda tak perlu menggali halaman anda terlampau dalam diluar itu dengan terpal anda tak perlu terus-terusan memasok air ke kolam anda itu. Dengan kolam terpal jadi sedikit modal yang perlu anda mengeluarkan.

Menyiapkan Kolam Terpal
Pertama-tama yang perlu anda kerjakan yaitu menyiapkan kolam. Kolam mesti di buat dengan kedalaman lebih kurang 50-75 cm supaya memberi ruangan yang cukup untuk ikan nila berkembang biak dengan prima. Sambil anda menyiapkan kolam, jadi anda butuh pikirkan pembenihan untuk kolam yang bakal anda bikin. Benih ikan nila dapat dibeli dari toko benih ikan atau dari dinas perikanan. Benih yang bagus memiliki ukuran 5-10 cm. tentukan benih yang sehat lewat cara lihat keaktifan mereka bergerak. 

Kita kembali ke kolam yang anda bikin. Sesudah kedalam kolam telah meraih 50 cm, jadi anda mesti memadatkan basic kolam serta di tepi kolam di buat tanggul serta diperkuat dengan batu bata atau batako. Basic kolam dapat juga di beri batu bata supaya basic jadi rata serta keras. Kemudian di beri sekam yang rata serta terpal dapat dipasang. Langkah tersebut serupa pembuatan tambak didaerah pantai untuk menghindar kehilangan air. Sesudah terpal terpasang, yakinkan terpal terkunci dengan baik dipinggir-pinggir kolam. Untuk meyakinkan, beri batako atau batubata di atas pinggiran terpal supaya terpal tak gampang beralih bentuk yang dapat mengakibatkan kebocoran air. Sesudah seluruhnya terpasang dengan baik, isi kolam dengan air. Hal semacam ini untuk mengecek adakah yang bocor atau tak sesudah di isi air, kolam dikeringkan lagi untuk step selanjutnya yakni persiapan.

Persiapan Berternak Nila
Sesudah kolam dikeringkan kembali, perbaiki system pengisian air dan system pembuangan air serta perkuat pinggiran kolam. Beri basic kolam dengan kapur sejumlah 25 gr – 1kg/m2 serta pupuk kandang dengan ukuran ½ KG/m2. Kemudian, kolam kembali berisi air. Biarlah air tergenang sepanjang 5-7 hari saat sebelum bibit disebar. Untuk bibit, jadi sesuai sama panduan langkah ternak ikan nila yaitu diambil yang sehat serta aktif dan tak diserang virus serta bakteri. Sesudah 5-7 hari anakan nila telah dapat disebar dengan ukuran 5-10 ekor/m2. 

Untuk bikin nila tumbuh dengan cepat jadi diperlukan pakan ikan nila yang baik. Pakan nila yang baik umumnya yaitu pelet ikan dengan komposisi protein 20% – 30%, Lemak 70% serta karbohidrat 70% dan daun-daunan. Langkah pelihara ikan nila cukup gampang, yang utama anda rajin berikan makan sehari-hari. Menurut langkah beternak ikan, jadi ikan nila dapat dipanen sesudah saat 6 bln.. Ketika itu, ikan nila telah memiliki ukuran layak mengkonsumsi dengan berat pada 400gram – 600 gr. Bila anda mau mencari indukan, jadi pastikan dari kolam anda ikan nila jantan serta betina yang sehat lalu pisahkan kedalam kolam pembiakan. Bila anda lakukan langkah budidaya ikan nila dengan baik jadi bisa saja anda dapat meningkatkan usaha anda ini jadi mata pencaharian paling utama.
Powered by Blogger.