Budidaya Udang Galah - BUDIDAYAKU

Header Ads

Budidaya Udang Galah

Budidaya Udang Galah


Budidaya Udang Galah | Ragam Budidaya - Udang galah yaitu komoditi ikan air tawar yang dapat dipasarkan baik untuk kepentingan di dalam maupun luar negeri. ukurannya mulai 100 gr s. d. 200 gr per ekor. terlebih udang yang tertangkap diperairan umum dapat mencapai 300 gr per ekor. Udang galah dapat dipelihara di kolam-kolam oleh sebagian pembydidaya udang, baik dengan polikultur maupun monokultur dengan cost yang cukup rendah sampai dapat menaikkan pendapatan pembudidaya. 

System Pemeliharaan Tunggal (Monokultur) 
Pada pemeliharaan udang galah secar tunggal, kolam yang dipakai sebaiknya memiliki ukuran semakin lebih 500 m2, dan kedalaman air minimum 1, 0 m, dasaran kolam pemeliharaan yakni tanah yang sedikit berpasir, tetapi pematang kolah dapat berupa tanah atau tembokan semen. Air yang digunakan untuk pemeliharaan ini harus bebas polusi, baik yang berasla dari limbah produksi, pabrik pertanian maupun rumah tangga. debet air yang diperlukan yakni 1 s/d 5 liter per detik untuk luasan 1000 m2. 

System Pemeliharaan Kombinasi (Polikultur) 
Pemeliharaan udang galah dengan sistem polikultur banyak ditangani oleh pembudidaya. paduan yang dianjurkan yakni dengan ikanikan jenis herbivore (pemakan tumbuhan) seperti tawes, gras crap dan gurami. perlakuan kolam untuk pemeliharaan campuan itu hamper sama dengan juga yang ditangani untuk pemeliharaan tunggal. diperlukan air yang mengalir secar selalu dan pemupukan dengan kandungan lebih tingg dari 100-250 gr/m2 ditambah makan buatan (pellet). 

Budidaya Udang Galah
kolam setelah pemanenan


Persiapan Kolam 
Persiapan kolam pemeliharaan udang galah mencakup pengeringan kolam, perbaikan pematang, pemrosesan tanah dasaran kolam, perbaikan pematang, pemrosesan tanah dasaran kolam, dan pembuatan kemalir. pengapuran dengan dosis 10-25 gr/m2 memiliki maksud untuk sanitasi kolam. pemupukan beberapa 100-250 gr/m2 dpat ditangani jika udang hanya di beri sedikit makanan penambahan, tetapi jika makanan penambahan penuh diberikan, pemumpukan kolah tidak butuh ditangani. untuk menghindar hewan liar, pada saluran pemasukan diberikan saringan/filter. penebaran udang ditangani setelah 5 s. d 7 hari dari pengisian air kolam. 

Penebaran Benih 
Benih udang galah yang ditebarkan sebaiknya memiliki ukuran tokolan suapay lebih tahan di banding juvenile. padar penebaran pada system pemeliharaan tunggal adlah 5-10 ekor/m2 untuk tokolam memiliki ukuran 3-5 cm. menurut james p. mc. vey, ph. d bahwa padat penebaran benih udang galah dapat 15 ekor per m2 bila kondisi air dan makanan penambahan cukup, tetapi bila ada cukup air, tidak ada makanan penambahan (makan udang hanya dari pemupukan saja), jadi kepadatan benih udang hanya 10 ekor per/m2, tetapi jika tidak ada air yang cukup dan juga tak ada pupuk untuk kolam jadi dapat dicoba kepadatan 2 ekor udang/m2. 

Padat penebarab per m2 yang dianjurkan pada pemeliharaan polikultur denga pemupukan organic dan penambahan tumbuhan yakni 10 ekor udang galah ditambah pupuk organic saja, padat penebaran per m2 yang dianjurkan yakni udang galah 10 ekor. untuk pemeliharaan udang galah dengan sistem pemanenan dengan bertahap, dapat ditangani penebaran lagi pada masing-masing panen 50% dari julah udang yang dipanen. 

Pemberian Pakan 
Selam pemeliharaan, udang galah di beri makanan penambahan berupa pellet (25% protein) dengan jumlah pakan 5% dari berat keseluruhnya biomas populasi udang/hari. frekuensi pemberiannya yakni 2 kali/hari, yaitu pada sore hari dan malam hari, karena ketika itu udang lebih aktif. 

Untuk meyakinkan jumlah berat populasi udang galah yang ada yaitu dengan langkah mengambil sedikit udang untuk sample yang lalu kita bisa tahu berat rara-ratanya. berat rata-rata tadi dikalikan dengan jumlah yang diprediksikan ada didalam kolam untuk memperoleh jumlah berat seluruhnya. jumlah pemberian 5%/hari harus sesuai sama masing-masing dua minggu sekali. 

Bila semua di dalam kondisi baik untuk perubahan udang kita bisa inginkan moralitas hanya lebih kurang 5% per bulannya. lantaran dapat diprediksikan jumlah udang yang bakal dipanen urangi 5% tiap-tiap bulannya. makanan udang di dalam bentuk pellet dapat dibeli di market dapat pula dibikin sendiri dengan mencampurkan semua bahan yang diperlukan dan menghancurkannya dengan mesin penggiling. 

Pengelolaan Air 
Pada kolam pemeliharaan udang galah, membuat perlindungan kesehatan udang, mutu dan jumlah air harus selalu diawasi. biasanya untuk pemeliharaan udang sistem tunggal, mutu air cenderung alami penurunan (jelek) setelah 1 bln.. Saat pemeliharaan. untuk lakukan perbaikan mutu air itu dapat ditebarkan ikan-ikan jenis pemakan plangton dengan kepadatan rendah. mutu air yang redah ditandai dengan adanya banyak udang dipermukaan waktu pagi hari. langkah lain yang dapat ditempuh yakni ubah jumlah air beberapa sepertiga segi dengan air baru. 

Penyakit 
Penyakit udang galah yang sangatlah serius adlah yang karena oleh ingkungan dan kondisi yg tidak menyenangkana seperti terlalu padat, kekurangan makanan, perlakuan yg tidak baik dan sebagainya. berarti langkah penanggulangan yang sangatlah baik dan efektif yaitu memberi kondisi yang paling baik pada kolam udang. sekali kolam dilanda penyakit yang serius jadi biasanya terlambat untuk untuk melakukan tindakan apapun. penyembuhan memberi anti biotika atau fungisida keseluruh kolam mahal sekali biayanya. oleh karena itu lebih murah untuk mengeringkan kolam dan mulai menyiakan dari permulaan. 

Pemanenan 
Setelah periode pemeliharaan 3 sampai 5 bln. udang dapat diapanen. pada saat panen keseluruhnya ukurang bermacam beratnya yaitu 20 – 50 gr per ekor. 

Budidaya Udang Galah

System pemanenan dapat ditangani secar bertahap dimanan hanya diambil ukuran konsumsi isi 30 sampai 40 ekor/kg (ukuran pasar). pada step pertama ditangani setelah 2 bln. periode pemeliharaan (dari tokolan) pakai jarring dan setaip bln. setelah itu. produksi udang galah dapat menncapai 2 sampai 40 ton/hektar. 

Tehnik memanen yang sangatlah gampang dan sangatlah murah yakni keringkan kolam baik sebagian maupun menyeluruh. biasanya bila bisa memanen semua udang jadi kolam dikeringkan sekalipun, tetapi apabila bisa memanen sebagian saja jadi hanya sebagian air yang dibuang.
Powered by Blogger.