Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang) - BUDIDAYAKU

Header Ads

Panduan Budidaya Kroto (Semut rangrang)


budidaya kroto
koloni semut rangrang dalam toples



Panduan Budidaya Kroto (Pakan Burung) | Ragam Budidaya -Semut yaitu, Seluruhnya serangga seluruhnya suku Formicidae. Bangsa Hymenoptera. Serta semut mempunyai dari 12.000 type (Spesies), Serta beberapa besar hidup di lokasi Tropika. Beberapa besar semut dikenal untuk serangga Sosial. Dengan koloni serta dan Sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan beberapa ribu semut per koloni. Serta anggota koloni terbgi jadi semut pekerja, Semut pejantan, Serta ratu semut. Di mungkinkan juga ada grup semut penjaga. Satu koloni bisa mengusai daerah yang luas untuk mensupport kehidupan mereka. Koloni semut kadang-kadang di sebut (Superorganisme) Lantaran Koloni-koloni mereka yang membuat suatu kesatuan.

Walau ukuran badannya yang relatif kecil, Semut terhitung hewan terkuat di Dunia. Lantaran semut jantan dapat menyokong beban dengan berat 50 kali dari berat tubuhya sendiri. Dapat di bandingkan dengan gajah yang cuma dapat menyokong beban dengan berat 2 x tubuhya sendiri, Semut itu cuma tersaingi oleh kumbang badak yang dapat menyokong beban dengan berat 850 kali dari berat tubuhya sendiri.

Semut rangrang yaitu serangga eusosial atau (Sosial sejati) Serta kehidupan koloninya benar-benar tergantung pada kehadiran pohon atau (arboreal) Mereka bikin sarang yang terbuat dari Lembar-lembar daun yang Semula sama-sama di rekatkan oleh Semut-semut Pekerja. Lalu di perkuat dengan sutra yang dikeluarkan oleh Larvanya. 

Didalam sarang bisa di dapatkan Ratu semut yang berwarna hijau muda Kemerah-merahan. Dn beberapa ribu semut pekerja yang memiliki ukuran besar (Yang di sebut Maksima). Serta yang memiliki ukuran kecil di sebut (Minima). Pekerja maksima bertugas untuk mencari pakan, Menjaga serta mengelola sarang, Serta jadi besar koloni, Sedang pekerja minima bertugas mengasuh Semut-semut muda Serta sekalian beternak Serangga-serangga Simbion. Umpamanya, Kutu perisai, Tingkah laku beternak itu kerap mengkuatirkan beberapa petani, Lantaran hal semacam ini bermakna juga pelihara (Hama mungkin) Pada tanaman Budidaya.
budidaya kroto
 budidaya kroto media toples

Semut Rangrang tak menghimpun pakan dalam sarangnya, Namun memperoleh pakan lewat cara memerah cairan manis dari Kutu-kutuan atau larva Kupu-kupu (Lycaenid) Lalu membagikanya pada larva dalam sarangnya. Semut Rangrang dikenal dengan koloni serta Sarang-sarngnya yang teratur, Yang kadang-kadang terbagi dalam beberapa ribu semut per koloni. Beberapa jenis semut terdiri jadi semut prajurit semut pekerja, Semut pejantan, serta ratu semut.

Satu koloni bisa kuasai serta menggunakan satu daerah yang luas untuk mensupport aktivitas mereka. Koloni semut kadang-kadang di sebut (Superorganisme) Lantaran Koloni-koloni mereka yang membuat suatu kesatuan. Lewat cara mengawali Budidaya kroto diantaranya yang butuh anda kerjakan yaitu seperti berikut ini.

Yang pertama menyiapkan Mental, Menyiapkan mental bakal mempengaruhi sistem beternak kroto sehubungan dengan sukses nantinya di masa datang, Dengan cara garis besar sesudah mental serta pola fikir dengan mengawali lakukan Beberapa hal sebagai berikut dibawah ini.
  • Persiapan tempat/kandang ternak tangkar.
  • Menyiapkan peralatan.
  • Berburu semut Rangrang.
  • Karantina.
  • Perpindahan ke kandang tangkar.
  • Pemeliharaan.
  • Nikmati hasil.
Mari kita ulas point per point yang telah disebutkan diatas.
1. Persiapan Tempat.
Menyiapkan tempat untuk beternak kroto, Menangkarkan semut Rangrang sesungguhnya tak demikian sulit, Namun butuh anda ingat, Terdapat banyak hal yang butuh anda hindari sebagai berikut dibawah ini.

A. Janganlah terkena cahaya matahari dengan cara Terus-menerus, Dalam hal seperti ini perlu atap jika di Alam bebas.

B. Upayakan tempat yang teduh, Bersih serta media tak bersentuhan segera dengan perlengkapanan, serta yang lain nya.

C. Upayakan rack tempat media ternak tangkar kian lebih satu (Janganlah satu rack di gunakan untuk banyak koloni yang banyak pengambilanya tidak sama tempat, (Untuk meminimalisir berantem sesama semut).

D. Jauhkan dari jangkauan Anak-anak.

E. Tempat ternak tangkar bukan hanya area jalan raya yang tinggal didalam rumah (Dekat kamar mandi, Dapur, Serta tempat yang lainya).

F. Bersihkan tempat dari semut merah Kecil-kecil atau serangga pengganggu yang lainya.

G. Janganlah di kerjakan satu toples satu nampan untuk mengisolir semut (Supaya Irit, pakai rack dengan kaki utama saja yang diberi nampan/Kaleng sisa Susu wadah sama). 

 H. Bila anda modalkan alangkah tambah baik buat rack jenis almari yang bersaf atau bertingkat seukuran toples/wadah yang anda gunakan jarak tingkat satu dengan tingkat yang lain. Yang lebih utama ada penutup seperti almari, Jadi anda dapat berikan situasi yang gelap serta jelas pada laskar kroto anda. Apa pemicu mesti ada situasi jelas serta gelap?... Terindikasi semut Rangrang dalam perkembangbiakan lebih suka pada tempat yang gelap, (Menyusut sinar untuk persembunyian kroto) Di samping itu juga Insting alami untuk berlindung.
budidaya kroto
contoh desain rak budidaya kroto

2. Langkah bikin/Menyiapkan Rak

Rack didalam beternak rangrang penghasil kroto benar-benar vital Perananya, Bila kita tak mempertimbangkanya sebelum saat bikin kan punya pengaruh dalam perjalanan sistem penangkaran. hal ini sangat berpengaruh.

Umpamanya, Rack anda cuma suatu papan yang cuma di topang batu, Lalu di tempatkan di atas nampan yang telah diberi air, Apakah benar Rack anda itu bisa anda gunakan untuk mengisolir laskar semut anda yang meraih beberapa ribu/Beberapa puluh ribu personil. Namun apakah anda mengerti jika berlangsung kelalaian/Human Error kecil saja bisa menyebabkan Fatal. Misalnya, Anda lagi mengamati prolaku si Semut, Tak anda sadari pada mulanya ada satu yang menggigit anda serta reflek tangan anda bersinggungan dengan Papan Dapat anda pikirkan apakah yang berlangsung setelah itu..! Pasti tumpah kelantai serta berantakan beberapa ribu Semut. Serta anda pasti ribet untuk kembalikan pada situasi yang awal mulanya lagi. Semut Rangrang benar-benar takut bila bersentuhan dengan abu gosok bekas pembakaran kayu/sekam.

3. Persiapan Kandang Ternak Tangkar


Mengulas persiapan kandang ternak tangkar. Persiapan rack atau media serta manfaat dan kegunaanya sama juga dengan Rack. Dapat berbentuk almari yang di modifikasi, Dapat pula rack terbuat dari plat besi/stainless steel yang ada dijual di Beberapa toko bahan bangunan paling dekat, Dapat pula dengan barang sisa rumah tangga seperti bale Bambu Tempat Tidur.

Janganlah anda terpaku dengan pada Mutu/tingkat elegan mutu rack yang di gunakan, Pertimbangkan juga jumlah dari sisi hitungan orang usaha. Buat apa rack bagus, Yang terbuat dari Stainless steel Bila hasil perbulananya dari penjualan kroto tak bisa menengembalikan modal utama anda. Apakah tambah baik menggunakan bale bambu yang kusam, Namun tingkat kekokohan menyokong beberapa ribu juga beberapa ratus ribu laskar kroto Terjamin. Serta membuahkan Rupiah perbulanya.

Tempat kandang ternak tangkar, Kandang ternak tangkar dalam hal semacam ini, Ruangan yang kita gunakan/Manfaat untuk mengisolir laskar kroto terebut. Dapat berbentuk ruangan yang sudah jadi atau yang sudah ada. Yang menyatu dengan rumah utama rumah anda. (Contoh, Kamar kosong) Atau di buat sendi di belakang serta di samping rumah anda. Silakan saja mana yang menurut anda baik serta aman tentunya. Lantaran ruangan yang kita gunakan mesti penuhi Persyaratan Seperti berikut.

1. Bukan hanya area jalan raya yang tinggal didalam rumah : Agar tingkat ketenangan beberapa laskar semut kita aman serta terjaga. Intinya tempat ruangan ternak tangkar itu (Bukan hanya area jalan raya) Seperti : Dekat kamar mandi, Di dapur yang kebiasaan sehari-harinya yang senantiasa kita di lalui, Lantaran insting semut rangrang benar-benar sensitif dengan nada, (Mereka tidak ingin terganggu serta di ganggu).


2. Bersih : Dalam hal semacam ini bersih yang di maksut aliran hawa dan pancaran cahaya matahari dapat masuk di ruangan. Bersih, Dalam hal semacam ini aliran hawa bai keluar masuknya, jadi bila didalam ruangan sebaiknya ada jendelanya. Lantaran semut rangrang benar-benar suka pada hawa yang bersih.

3. Terlindung dari terik matahari dengan cara lansung, Juga terlingdung dari guyuran air hujan, Dalan hal semacam ini memerlukan atap bila diluar ruangan Rumah. Serta mesti terlindung dari panas matahari dengan cara lansung juga terlepas dari terpaan air hujan. Maka di perlukan atap untuk anda yang berniat letakkan kandang ternak diluar ruangan rumah.

Persoalan atap juga tak mesti terbuat dari beberapa bahan elegan sepeti Genting, Seng, Asbes, Serta yang lainya. Buat anda yang diluar pulau jawa sepengetahuan saya serta yang sudah tergabung di (LKP) Laskar kroto gunakan atap yang terbuat dari daun nipah/daun sagu.

4. Bila kandang didalam ruangan rumah mesti ada jendelanya.


5. Tak ada perlengkapan yang dapat bersentuhan segera dengan rack atau terjangkau oleh semut.

Tak ada perlengkapanan yang dapat bersentuhan segera dengan rack atau terjangkau semut. Lantaran bakal di gunakan semut untuk melarikan diri, Minimum jarak 1 jengkal atau lebih, Bila terpaksa anda campur dengan gudang Beberapa barang. Ingat semut rangrang yaitu binatang pandai yang dapat lakukan bunuh diri sebahagian untuk menyelamatkan banyak Rekan-temannya yang lain. Serta bisa pula bikin jembatan dengan system bergelantungan mengait satu dengan yang lainya.

6. Jauhkan Dari Kebisingan/Keributan Serta jangkauan Anak-anak.


Janganlah terlampau Kebisingan/Keributan, Umpamanya di samping kandang ternak ruangan anda, Lalu anda memutar muik dengan cara keras, Benar-benar punya pengaruh diolah penyesuaian dan perubahan semut tangkaran anda. Untuk yang memiliki si kecil, Tolong jangan sempat si kecil masuk ke ruangan tampa pantauan anda, Saya tak menuturkan mengakibatkan, Hanya, Anda bakal di buat repot Jika si kecil menumpahkan satu toples saja.

Langkah budidaya Klangrang dengan media bambu di atas kolam. Potong bambu selama 40 cm Serta satukan dengan sebagian potong bambu dengan kayu, Lalu tempatkan bambu itu pada suatu rack di atas kolam agar semut tak bisa keluar/melancong. Kolam berperan juga supaya semut tak terganggu oleh semutsemut hitam atau sejenis serangga lainya. Lalu pindahkan bibit semut rangrang berbarengan ratunya kedalam Bambu. Pakan : Berbentuk Tulang-tulang hewan, Bangkai, Serangga.

7. Imbuhkan air gula, Lantaran Semut-semut benar-benar memerlukan Rasa-rasa yang manis


Langkah budidaya kroto dengan media toples plastik tempat roti. Di sebagian toples besar berdiameter 3 cm, Serta tatakan pot berdiameter kian lebih 30 cm, Lakban plastik, Lubangi toples di bagian bawah di dalam dengan diameter 3 cm, Serta masukkan bibit klangrang dari alam lewat cara terbalik. Lalu masukkan dari bawah ke atas lewat lubang sisi bawah, Serta klangrang bakal mencari tempat yang tinggi. Sesudah masuk, Balikkan toples lakban tutupnya supaya tak terlepas, Lalu letakkan toples pada tatakan pot yang sudah diberi air. Serta beri pemberat pada toples supaya tak mengapung.

Berburu Semut Rangrang

Seandainya tempat atau kandang ternak tangkar sudah siap serta ada, Serta pengganti rack juga sudah ada, Peralatan untuk mengawali beternak semut rangrang penghasil kroto telah ada. Serta tinggal anda berburu semut rangrang cs di hutan. Lantaran bibit yang untuk kita terenak/tangkarkan gratis sudah disediakan oleh Tuhan semesta alam.

Sebelum saat kita teruskan mari kita mengerti dahulu penjelasan semut rangrang di bawah ini :

Semut rangrang dikenal dengan koloni serta Sarang-sarangnya yang benar-benar teratur. Yang kadang-kadang terbagi dalam beberapa ribu semut per koloni. Beberapa jenis semut di untuk jadi semut prajurit, Semut pekerja, Semut pejantan, Serta Ratu semut. Satu koloni bisa kuasai serta menggunakan suatu daerah yang luas untuk mensupport aktivitas mereka. Koloni semut kadang-kadang di sebut juga Superorganisme Di karenakan Koloni-koloni mereka yang membuat suatu kesatuan.
budidaya kroto
kroto siap jual
Barangkali anda sudah dapat mengolah makksut dari penjelasan yang di atas, dapat membedakan pada koloni dengan sarang. Hal semacam ini butuh kita luruskan di tulisan saat ini lantaran kerapkali sahabat tidak sama presepsi. Yang kurang benar dalam mengartikan makna sarang dengan makna koloni didalam dunia persemutan.
Powered by Blogger.