Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pembersih Ginjal - BUDIDAYAKU

Header Ads

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pembersih Ginjal

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pembersih Ginjal

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pembersih Ginjal | Ragam Budidaya -Kumis kucing adalah tanaman obat tradisional yang sudah digunakan orang-orang Asia mulai sejak dahulu kala. Daun kumis kucing diakui mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit yang sehubungan dengan ginjal. Diluar negeri ramuan kumis kucing, kerap juga dimaksud Indian Kidney Tea atau Java Tea.

Tanaman kumis kucing mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini dapat tumbuh di iklim tropis serta subtropis. Penyebarannya mencakup Asia Tenggara, Asia Timur sampai ke Australia (Queensland).

Kumis kucing mempunyai bunga yang khas. Berwarna ungu keputih-putihan, bunganya tersusun seperti pucuk cemara. Pada pangkalnya ada benang-benang halus mirip kumis kucing.

Faedah kumis kucing

Daun kumis kucing memiliki kandungan zat-zat aktif yang bermanfaat juga sebagai obat. Salah satunya yaitu rosmarinic acid, lipophilic flavonoids, sinensetin, orthosiphol serta orthosiphon. Beberapa zat itu mempunyai peran juga sebagai anti radang serta anti-oksidan.

Dalam penyembuhan tradisional, daun ini kerap digunakan untuk peluruh batu ginjal. Langkah kerjanya juga sebagai diuretik, membersihkan atau bersihkan saluran kencing. Diluar itu, zat aktif yang ada didalamnya dapat juga mengobati peradangan yang ada pada ginjal, kandung kemih serta saluran kencing.

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pembersih Ginjal

Nyaris seluruhnya sisi tanaman kumis kucing dapat digunakan, dari mulai daun, bunga, sampai batang. Daun adalah sisi yang paling banyak dipakai juga sebagai ramuan teh. Dapat dikonsumsi dalam situasi fresh ataupun kering. Terkecuali berbentuk ramuan teh, saat ini diketemukan juga berbentuk tablet serta kapsul.

Dosis pemakaian kumis kucing berbentuk teh umumnya seputar 2-4 gelas /hari. Dengan satu kali minum seputar 150-200 ml. Dalam prakteknya, kerapkali digabungkan dengan beragam type herbal yang lain.

Terkecuali juga sebagai penyembuhan ginjal, kumis kucing juga kerap dipakai untuk penyembuhan asam urat, hipertensi, diabetes, serta beragam penyakit yang lain. Pemakaiannya dapat tunggal atau digabung dengan beragam type herbal yang lain.

Panduan mengolah kumis kucing


Langkah memproses kumis kucing juga sebagai obat diuretik cukup simpel, hingga dapat dikerjakan oleh siapapun tidak mesti seorang yang mempunyai pengalaman di bagian obat-obatan. Anda cukup merebus daunnya. Lalu tunggulah sampai air rebusan berkurang jumlahnya serta disaring saat sebelum diminum.

Untuk menyembuhkan anyang-anyangan rebus 30 gr daun dengan 3 gelas air (600 ml). Tunggulah sampai jumlah air tinggal setengahnya. Lalu saring airnya, teh kumis kucing siap untuk diminum.

Untuk penyembuhan batu ginjal rebus 90 gr daun serta batang dengan satu liter air. Didihkan air sampai tersisa 600 ml, lalu minum sejumlah 3 kali satu hari, semasing 200 ml.

Diluar itu, Anda bisa memadukan daun kumis kucing dengan sebagian dedaunan seperti alang-alang, meniran atau daun keji beling untuk memperoleh manfaat yang lebih optimal.
Powered by Blogger.